Suku Korowai

suku Korowai
Di selatan-timur Papua, ada sebuah suku dengan nama suku Korowai atau suku Kolufu, sedikit hal yang dapat diketahui tentang mereka sebelum tahun 1970-an. Mereka tinggal di bagian selatan dari bagian barat New Guinea dan dikatakan bahwa mereka dahulunya adalah manusia yang memakan daging manusia atau kanibal. Kulit mereka ditandai dengan bekas luka, hidung mereka ditusuk dengan tulang runcing, yaitu tulang burung yang dibengkokkan ke atas dari lubang hidung mereka. Ada sekitar 3000 orang Korowai yang masih tinggal di daerah-daerah, dan sebelum tahun 1970-an mereka tidak menyadari fakta bahwa ada kehidupan selain diri mereka sendiri.

Suku Korowai bertetangga langsung dengan suku Asmat yang hidup di utara Kabiur Dairam. Habitatnya dibatasi oleh dua sungai besar dan gunung-gunung di utara. Daerah hidup mereka adalah daerah berawa sekitar 600 km ². Di daerah yang secara normal sulit untuk hidup, ada hingga 2500 anggota Korowai hidup bersama dalam satu kelompok keluarga kecil. Suku Korowai adalah pemburu dan pengepul. Mereka memakan Sagu yang mereka ambil dari pohon Palm. Mereka memenuhi makanan protein utama mereka dari larva kumbang Capricorn. Hewan-hewan buruan mereka seperti babi hutan, burung kasuari, burung, ular, dan serangga kecil. Makanan nabati juga sangat penting bagi mereka. Terutama daun palem, pakis, sukun dan buah pandanae merah.

Sebagian besar orang Korowai adalah pemburu dan mengumpulkan makanan. Keahlian berburu mereka sangat baik dan memiliki keterampilan memancing. Mereka juga suka berkebun dan sekarang bergeser ke arah budidaya. Suku Korowai memiliki pengaturan tugas berdasarkan gender, seperti penyusunan jenis tertentu makanan Sagu dan ritual upacara keagamaan di mana hanya orang dewasa laki-laki yang terlibat. Beberapa Korowai sejak awal 1990-an telah menghasilkan pendapatan tunai dari hasil bekerja sama dengan perusahaan wisata yang mempromosikan wisata tour ke daerah Korowai. Dalam industri pariwisata, peluang penghasilan mereka terbatas seperti saat kelompok wisata di desa melakukan pesta sagu, membawa koper, dan atraksi/tarian traditional.

Sebagian besar keluarga Korowai tinggal di rumah pohon yang mereka bangun sendiri. Struktur kepemimpinan didasarkan pada kualitas laki-laki yang kuat bukan pada institusi. Perang antar klan sering terjadi terutama karena sihir dan konflik terkait ilmu sihir.

Patriclan adalah sistem di mana kendali garis keturunan ditangan ayah seseorang. Termasuk pewarisan harta benda. Dalam masyarakat Korowai bentuk turun ranjang adalah lumrah.

Suku Korowai telah dilaporkan masih mempraktekkan ritual kanibalisme hingga sekarang. Antropolog menduga kanibalisme tidak lagi dilakukan oleh klan Korowai yang sering berhubungan dengan pihak luar. Laporan terakhir menunjukkan bahwa klan tertentu telah dibujuk untuk mendorong pariwisata dengan mengabadikan mitos bahwa mereka masih merupakan praktek aktif.

Arsitektur panggung yang tinggi merupakan cirri khas dari rumah Korowai, jauh di atas terhindar dari banjir, Ketinggian dan ketebalan dari panggung merupakan kumpulan kayu besi , juga berfungsi untuk melindungi rumah dari serangan pembakaran di mana gubuk yang dibakar akan bisa membuat penghuninya cepat keluar. Bentuknya juga merupakan bentuk pertahanan dari serangan klan lain yang menangkap wanita dan anak-anak yang akan dijadikan budak atau korban kanibalisme.

sumber:

  • http://raafay-awan.blogspot.com/2011/03/krorwai-tribe-people-who-eat-human.html
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Korowai_people

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar di bawah ini, Kami mohon maaf, apabila terdapat kekeliruan atau ada yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, sehubungan dengan sumber-sumber yang kami terima bisa saja memiliki kekeliruan.
Dengan senang hati kami menerima segala kritik maupun saran pembaca, demi peningkatan blog Proto Malayan.
Salam dan terimakasih,